Blogazine Seni Dalam Dunia Blogging

Tips Membuat Blogazine

  • Belajar Kode-kodean
    Untuk awal pelajari kode penyusun template atau theme, seperti CSS, HTML, PHP, JavaScript dan lain-lain masih banyak lagi
  • Buatlah Template Sendiri
    Mungkin Anda harus mencoba membuat template sendiri, jelek tidak masalah, tapi hasil sendiri, tahu struktur dan kode apa saja yang dipakai, jadi mudah saat membuat custom post.
  • Cobalah Framework
    Framework memudahkan kita dalam membuat sebuah desain template atau thema, mau blogspot, wordpress sampai website pun jika pakai framework pasti lebih cepat membuatnya.
  • Cari Inspirasi
    Bingun mau desain yang bagaimana, cari inspirasi di web luar juga bisa, ketik saja di google webdesign inpiration, cari yang sesuai selera dan dan simple saja jadi kodenya tidak terlalu sulit.
  • Belajar & Belajar
    Belajarlah dari web tutorial, dalam bahasa indonesia maupun inggris, bisa ditranslate kok, namun saran saya carilah tutorial orang luar bahasa inggris lebih update dan komplit.
  • Kembali Ke Arikel Biasa
    Kalau kehabisan ide untuk bermain kode, namun ada rasa ingin menulis, tulisa saja artikelnya tidak perlu didesain yang menguras pikiran, atau buatlah artikel dengan tampilan biasa agar tetap semangat ngeblog, kalau nyari inspirasi terus lama-lama bosen nulis.
  • Mungkin Ada Tambahan Lain
    Mungkin sobat blogger yang membaca mau menambhakan, atau mau menanyakan sesuatu tulis saja di komentar ya.

Gara-gara Template Blogger jadi Galau

Blogazine merupakan akhir dari pencariaku yang ingin menjadi seorang blogger. Sejarah panjang yang saya lalui dari pertama mengenal Blogger.com dari dasbord dan template classic sampai menjadi sebuah platfrom blog yang cukup dikenal luas. Blogazine seni dalam dunia blogging, jika Anda sebagai pembaca artikel ini yang juga seorang blogger pasti sudah pernah menulis di blog, namun apa Anda sekalian pernah bosan dengan template, theme atau desain blog yang Anda gunakan itu perlu diganti atau desain ulang, diganti, diganti lagi dan jadi blogger galau gara-gara template? Berarti Anda sama dengan apa yang saya rasakan saat menjadi blogger. Membaca dan berkeliling ke blog seorang teman blogger atau ke blog orang lain kemudian tertarik dengan template yang diapaki dan mengganti template kita yang sama dengan yang dipakai teman blogger, pasti juga pernah merasakkan jadi blogger galau gara-gara template dan akhirnya jarang nulis.


Penemuan Blogazine

Berawal dari blog personal yang sangat unik milik seorang yang bekerja sebagai front end web developer yang berasal dari kota Cepu, bernama Yahya J Aifit sebuah artikel dengan konsep blogazine tentang Koin Keadilan Prita Mulyasari yang dimana seorang blogger yang terkena masalah dengan sebuah rumah sakit yang akhir menjadi viral di dunia maya maupun di dunia nyata, selain blog milik Om Ifit ada beberapa blog lainnya bisa dilihat didaftar link blogazine dansemuanya merupakan member Kopizine. Kemudian tidak lama berselang saat berseluncur mencari artikel dan tidak sengaja membuka sebuah web yang menulis tentang judul The Death Of The Blog Post, mulai dari membuka blog milik orang luar dari link artikel tersebut mulailah terpana, terpesona, jatuh hati dengan blog berkonsep blogazine. Karena ngeblog dengan gaya blogazine melihatkan karakter kita, kesukaan dalam konsep disain dan bisa menjadi diri sendiri.

Blogazine Menurut Saya

Blogazine sendiri menurut saya adalah sebuah karya seni dalam dunia blogging yang disitu seorang pembuatnya ingin mengutarakan dan melihatkan sesuatu kepada pembaca agar bisa menikmati dengan sebuah tampilan yang berbeda dalam sebuah karya sesuai isi artikel tersebut. Membuat blogazine terkadang juga memberikan kepuasan tersendiri, karena terkadang dalam artikel di masukkan eksperimen sebuah kode dan jika kode tersebut bisa berjalan dengan baik saat di publish mempunyai kepuasan tersendiri. Selain itu kita mempunyai sebuah tantangan dalam membuat artikel, karenan kita harus mencari konsep desain yang sesuai atau yang unik. Nah itu ulasan saya tentang blogazine, gimana tertarik membuat blogazine senidiri?

Syarat Minimal

Sebelum Anda memutuskan membuat blogazine ada baiknya Anda membaca syarat minimal membuat blogazine hehehe! pakai syarat segala, ya... ya memang harus menurut saya, syarat yang harus Anda penuhi adalah minimal paham dengan dasar CSS dan HTML, merupakan modal awal dan paling ringan. Karena jika sudah paham CSS HTML walaupun Anda memakai template bawaan entah itu Blogspot, Wordpress, Tumblr atau platform yang memilik fitur custom theme dan HTML edit pada penulisan artikel. Karena custom mengubah background warna, permainan tipografi dan layout hanya dengan CSS dan HTML saja sudah bisa disebut blogazine. Mungkin itu syarat minimal jika mau membuat blogazine, jika ada koreksi silahkan.

Inspirasi Blogazine Indonesia

  • Bayu Handono
    Saya belum tahu benanr tentang Mas Bayu namun dia berkata, Menulis agar tetap waras.
  • Taufik Nurrohman
    Seorang perawat yang jago koding, pembuat Mecha CMS dan blog tutorial komplit DTE :).
  • Kimzgr
    Bang Kim, khas dengan rambut gindrong yang keriting, pengemar musik dan admin di Kopizine.
  • Amdhas Cromatic
    Saya cari blog personalnya sudah tidak aktif karena sekarang membuka jasa desain web profesional, namun bisa lihat karyanya, sebuah theme yang tembus di Wordpress.org dan itu tidak mudah.
  • Bang Roee
    Sebuah blog yang akan membawa anda pada petualangan dunia maya yang sesungguhnya. note jika buka blog ini lama-lama akan dialihkan blog bisnisnya Bang Roee, mungkin karena blognya sudah gak aktif lagi.
  • Andre Pandet
    Welcome to my paredise. Awas jangan terpana kalau masuk blog ini, karena desainnya yang keren abis, sampai dulu pernah di hack, dan ini blog kedua Bang Andre.
  • Randy Oktaran
    Biacarakan yang terlupakan. Bang Randy ini orang sering ngobrol sama saya, orang enak dah, mampir saja di blognya ya, ada tapinya kayaknya sekarang lagi vakum ngeblog.
  • Bagi Bagio
    Blogger asal malang yang selalu cerah seria dan semangat, dan suka bagi bagi blog, sekedar berbagi untuk semuanya.